Langsung ke konten utama

Delapan langkah yang dapat Anda terapkan untuk menjadi lebih sehat

Berikut delapan langkah yang dapat Anda terapkan untuk menjadi lebih sehat. Di antaranya:

1. Mengetahui kondisi kesehatan Anda saat ini
Anda dapat melakukan perbaikan pola hidup sehat berdasarkan apakah Anda mengalami masalah kesehatan atau risiko penyakit tertentu. Oleh karenanya, periksakan diri ke dokter umum dan dokter gigi Anda secara rutin dan berkala. Manfaatkan kesempatan ini untuk berkonsultasi kepada dokter.

2. Evaluasi aktivitas fisik Anda
Apakah Anda rutin berolahraga? Atau apakah aktivitas Anda sehari-hari didominasi dengan duduk mengetik di komputer sepanjang hari dan kurang bergerak aktif? Para pakar merekomendasikan, agar Anda berolahraga dengan durasi total minimal 150 menit tiap minggu dan bergerak aktif untuk mengencangkan otot setidaknya dua hari dalam sepekan. Pilih kegiatan yang menyenangkan sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan. Misalnya, berjalan kaki sebelum makan siang selama 10 menit.

3. Catat makanan yang Anda konsumsi
Jika memiliki masalah berat badan atau kebiasaan pola makan tidak sehat, maka Anda mungkin perlu mendata semua makanan yang dikonsumsi dari hari ke hari. Catatan ini bermanfaat untuk menyadarkan diri Anda dan mungkin sebagai pengingat  untuk menguranginya, demi menjaga tubuh lebih sehat. Anda disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran setidaknya sembilan porsi dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat.

4. Periksa kesehatan hubungan sosial Anda
Apakah hubungan Anda dengan pasangan berjalan harmonis? Bagaimana hubungan Anda dengan rekan kerja atau atasan? Semua ini dapat berdampak kepada kesehatan mental dan tentu saja tubuh Anda. Temukan orang-orang dan lingkungan yang dapat mendukung dan membuat Anda merasa nyaman, serta bahagia. Luangkan waktu Anda untuk sekadar bercengkrama atau mengobrol bersama tetangga rumah Anda.

5. Berhenti melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan
Pertimbangkan untuk berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, terutama jika Anda berisiko atau sudah menderita penyakit diabetes, depresi, artritis, atau penyakit jantung.

6. Memilih mengonsumsi makanan sehat dan cukupi kebutuhan cairan
Ganti kata-kata “saya harus” dengan “saya memilih” untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah secara teratur. Hal ini merefleksikan kesadaran untuk hidup sehat karena mengetahui manfaat dan risiko jika tidak menerapkan pola hidup sehat ini. Bukan terpaksa atau sekadar ikut tren. Mengolah makanan Anda sendiri dapat menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan santapan. Selain itu, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Air membuat setiap bagian tubuh bekerja dengan baik, serta mampu mencegah terjadinya penyakit batu ginjal dan juga konstipasi. Anda disarankan minum air putih setidaknya 6-8 gelas per hari, kecuali jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang mengharuskan Anda untuk membatasi asupan cairan.

7. Mengelola stres
Stres adalah hal yang tidak terhindarkan. Namun, Anda dapat belajar mengelolanya dengan merencanakan berbagai hal agar tidak ada yang terlupa, mengambil waktu untuk relaks dan melakukan hobi, atau melakukan yoga atau meditasi. Mencatat hal-hal yang patut Anda syukuri juga dapat membuat jiwa lebih tenang.

8. Istirahat cukup
Istirahat cukup adalah kunci mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Pastikan jam tidur Anda terpenuhi dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik dapat menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Data dan Fakta AC Milan vs Bologna

Pada pertemuan pertama di Serie A musim ini, pada pekan ke-15, Milan menang 3-2 di kandang Bologna. Milan mencetak tiga gol lewat Krzysztof Piatek (penalti), Theo Hernandez, dan Giacomo Bonaventura. Dua gol Bologna didapatkan dari bunuh diri Theo Hernadez dan penalti Nicola Sansone. Dalam laga kandangnya melawan Bologna di Serie A musim lalu, Milan menang 2-1. Milan unggul lewat gol-gol Suso menit 37 dan Fabio Borini menit 67. Bologna menipiskan selisih skor lewat gol Mattia Destro menit 72. Milan memenangi 7 dari 8 laga terakhirnya melawan Bologna di Serie A, kandang dan tandang (M7 S1 K0). Milan di Serie A musim ini: M15 S8 K10, gol 48-42. Rekor kandang Milan di Serie A musim ini: M7 S5 K4, gol 22-18. Gol terbanyak untuk Milan di Serie A musim ini: Ante Rebic (10). Assist terbanyak untuk Milan di Serie A musim ini: Hakan Calhanoglu (5). Milan tak terkalahkan dalam 7 laga terakhirnya di Serie A (M5 S2 K0). Milan selalu mencetak minimal 2 gol dalam 7 laga terakhirnya di Serie A. Milan

Pemain Yang Akan Dibeli Oleh AC Milan

Klub besar Chelsea, dikabarkan bakal menjual 6 pemainnya demi memboyong bintang Bundesliga Jerman, Timo Werner dan Kai Havertz. AC Milan pun disebut siap menampung pemain  yang akan dijual The Blues, yakni Tiemoue Bakayoko. The Blues dikabarkan segera mendapat tandatangan pemain RB Leipzig, Timo Werner pada bursa transfer musim panas mendatang. Tak berhenti di situ, Chelsea pun juga gerak cepat mengamankan pemain muda Bayer Leverkusen, Kai Havertz.  Chelsea dikabarkan telah curi start dengan menyodorkan proposal sebesar 79 juta euro (Rp1,2 triliun). Skuat Frank Lampard tampaknya ingin merombak kekuatan dengan materi pemain baru yang hendak didatangkan dari Negeri Panzer.  Demi mewujudkan ambisi belanja klub, Chelsea harus menjual enam pemain, termasuk Tiemoue Bakayoko. Bakayoko diketahui tengah menjalani masa peminjaman di AS Monaco. Namun, Monaco dikabarkan tak akan memperpanjang masa pinjam atau memagari Bakayoko dengan kontrak permanen. Corriere dello Sport mewartakan bahwa Bakayoko

Tanaman Bawang putih dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Bawang putih (Allium sativum) adalah tanaman herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Bawang putih banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Bawang putih adalah tanaman dari Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia (Rahmawati, 2012, Hlm. 1-3). Klasifikasi tanaman bawang putih: Kerajaan : Plantae Divisio : Spermatophyta Kelas : Monocotyledonae Bangsa : Liliales Suku : Liliaceae Marga : Allium Jenis : Allium sativum Kandungan Bawang Putih Dalam 100 gr bawang putih terkandung 71,0 gr air, 95 kalori, 4,5 gr protein, 0,2 gr lemak, 23,1 gr karbohidrat, 42 mg kalsium, 346 gr kalium, 134 mg fosfor, 1,0 mg besi, 0,22 mg vit B1, dan 15 md vit C. Melalui ekstraksi dan isolasi kimiawi, dapat diketahui beberapa senyawa aktif yang terkandung dalam bawang putih, seperti allicin yang ditemukan oleh Bailey