https://drive.google.com/file/d/1FMtnmt7a2Lc4eRQi9d4MVyotoh5UMFIk/view?usp=drivesdk
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN
KONTEKSTUAL
Nama Sekolah : SMP ..................
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Kelas / Semester : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A.
Standar
Kompetensi
2. Memahami sistem
persamaan linear dua variabel dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan
linear dua variabel
C.
Indikator
· Menyebutkan
perbedaan PLDV dan SPLDV
· Menjelaskan
SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
· Menentukan
akar SPLDV dengan cara subtitusi
D.
Tujuan
Pembelajaran
· Siswa
dapat menyebutkan perbedaan persamaan linear dua variabel (PLDV) dan sistem
persamaan linear dua variabel (SPLDV)
· Siswa
dapat menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
· Siswa
dapat menentukan himpunan peneyelesaian dari SPLDV dengan metode subtitusi
E.
Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran : Kontekstual
Metode : Kerja keras,kreatif,
mandiri, tanggung jawab dan
rasa ingin tahu.
rasa ingin tahu.
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran Model Kontekstual
Tahapan
Pendekatan Kontekstual
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
||
Konstruktivis-
me
Konstruktivis-
me
|
a. Mengucap
salam
b. Berdoa
c. Mengabsensi
siswa
d. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
e. Apersepsi
mengingat kembali materi persamaan linear satu variabel dan persamaan linear
dua variabel
f. Motivasi
Mengingat siswa pentingnya materi ini dan
implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.
|
a. Menjawab
salam
b. Berdoa
bersama
c. Menjawab
absen
d. Mendengarkan
e. Mengingat
kembali materi
persamaan linear satu variabel dan persamaan
linear dua variabel
f. Memahami
materi SPLDV dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
Masyarakt Belajar
Inkuiri
Inkuiri
Inkuiri
Inkuiri
Bertanya
Masyarakat belajar
|
g. Guru
mengarahkan siswa untuk memebentuk kelompok kecil/ teman sebangku serta
membagikan LKS.
h. Guru
mengenalkan siswa pada masalah dalam kehidupan sehari-hari disertai tanya
jawab mengenai sistem persamaan linear dua variabel
i.
Guru memberikan contoh soal sistem
persamaan linear dua variabel kedalam
kehidupan sehari-hari dan mengajak siswa menemukan sendiri.
j.
Mengarahkan siswa untuk memahami
permasalahan yang ada dilembar kerja siswa.
k. Guru
memberi soal yang terdapat didalam LKS yang telah dibagikan untuk dikerjakan
secara berkelompok (dalam kelompok kecil/teman sebangku).
l.
Guru memberikan kesempatan kepada
setiap kelompok untuk bertanya pada masalah yang belum dimengerti pada lembar
kerja siswa.
m. Mengorganisai
siswa untuk belajar memecahkan masalah pada materi SPLDV
|
g. Siswa
mengikuti arahan guru untuk membentuk kelompok kecil / teman sebagku dan
menerima LKS
h. Siswa
memperhatikan penjelasan guru serta bertanya tentang yang belum dimengerti.
i.
Siswa mendengarkan memperhatikan dan
bertanya jika ada yang belum dimengerti.
j.
Memperhatikan pengarahan guru dalam
menyelesaikan masalah di LKS.
k. Siswa
mengerjakan soal yang terdapat dalam LKS yang sudah dibagikan dengan teman
sebangku / kelompok kecil dalam menyelesaikan maslah.
l.
Siswa bertanya jika ada soal yang
belum dimengerti.
m. Siswa
berkonsentrasi untuk menyelesaikan masalah dengan teman sebangku.
|
G.
Karakter
Siswa yang di Harapkan
1. Disiplin
(Discipline)
2.
Rasa hormat dan
perhatian (respect)
3.
Tekun (diligence)
4.
Tanggung jawab (responsibility)
H.
Alat
dan Sumber Belajar
a. Alat
Spidol, papan tulis dan penghapus.
b. Sumber
belajar
Agus
NA. 2008. Mudah belajar matematika
kelas VII. Jakarta: Depdiknas
Tim penyusun .(2008) matematika 8A. Surakarta: Era Pustaka
Utama.
Kepala Sekolah Guru
bidang studi
.......................... ...................
Sangat bermanfaat
BalasHapus