Langsung ke konten utama

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk SMP Kelas VIII

https://drive.google.com/file/d/1FMtnmt7a2Lc4eRQi9d4MVyotoh5UMFIk/view?usp=drivesdk




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL 

Nama Sekolah         : SMP ..................
Mata Pelajaran       : Matematika
Materi Pokok          : Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Kelas / Semester      : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu        : 2 x 40 Menit


A.    Standar Kompetensi
2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel

C.    Indikator
·      Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
·      Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
·      Menentukan akar SPLDV dengan cara subtitusi


D.    Tujuan Pembelajaran
·      Siswa dapat menyebutkan perbedaan persamaan linear dua variabel (PLDV) dan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)
·      Siswa dapat menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
·      Siswa dapat menentukan himpunan peneyelesaian dari SPLDV dengan metode subtitusi
E.     Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran      : Kontekstual
Metode                          : Kerja keras,kreatif, mandiri, tanggung jawab dan   
                          rasa ingin tahu.

F.     Langkah-Langkah Pembelajaran Model Kontekstual

Tahapan Pendekatan Kontekstual
         Kegiatan Pembelajaran


  Alokasi  
   Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa







Konstruktivis-
      me




Konstruktivis-
      me



a.       Mengucap salam
b.      Berdoa
c.       Mengabsensi siswa
d.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
e.       Apersepsi mengingat kembali materi persamaan linear satu variabel dan persamaan linear dua variabel
f.       Motivasi
Mengingat siswa pentingnya materi ini dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.
a.       Menjawab salam
b.      Berdoa bersama
c.       Menjawab absen
d.      Mendengarkan

e.       Mengingat kembali materi
persamaan linear satu variabel dan persamaan linear dua variabel
f.       Memahami materi SPLDV dalam kehidupan sehari-hari.

 10 Menit
Masyarakt Belajar







Inkuiri









Inkuiri









Inkuiri







Inkuiri













Bertanya








Masyarakat belajar
g.      Guru mengarahkan siswa untuk memebentuk kelompok kecil/ teman sebangku serta membagikan LKS.
h.      Guru mengenalkan siswa pada masalah dalam kehidupan sehari-hari disertai tanya jawab mengenai sistem persamaan linear dua variabel
i.        Guru memberikan contoh soal sistem persamaan linear dua variabel  kedalam kehidupan sehari-hari dan mengajak siswa menemukan sendiri.
j.        Mengarahkan siswa untuk memahami permasalahan yang ada dilembar kerja siswa.

k.      Guru memberi soal yang terdapat didalam LKS yang telah dibagikan untuk dikerjakan secara berkelompok (dalam kelompok kecil/teman sebangku).




l.        Guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk bertanya pada masalah yang belum dimengerti pada lembar kerja siswa.
m.    Mengorganisai siswa untuk belajar memecahkan masalah pada materi SPLDV
g.      Siswa mengikuti arahan guru untuk membentuk kelompok kecil / teman sebagku dan menerima LKS
h.      Siswa memperhatikan penjelasan guru serta bertanya tentang yang belum dimengerti.



i.        Siswa mendengarkan memperhatikan dan bertanya jika ada yang belum dimengerti.



j.        Memperhatikan pengarahan guru dalam menyelesaikan masalah di LKS.


k.      Siswa mengerjakan soal yang terdapat dalam LKS yang sudah dibagikan dengan teman sebangku / kelompok kecil dalam menyelesaikan maslah.

l.        Siswa bertanya jika ada soal yang belum dimengerti.





m.    Siswa berkonsentrasi untuk menyelesaikan masalah dengan teman sebangku.

 65 Menit

G.    Karakter Siswa yang di Harapkan
1.      Disiplin (Discipline)
2.      Rasa hormat dan perhatian (respect)
3.      Tekun (diligence)
4.      Tanggung jawab (responsibility)

H.    Alat dan Sumber Belajar
a.       Alat
Spidol, papan tulis dan penghapus.
b.      Sumber belajar
Agus  NA. 2008. Mudah belajar matematika kelas VII. Jakarta: Depdiknas
Tim penyusun .(2008) matematika 8A. Surakarta: Era Pustaka Utama.


             Kepala Sekolah                                         Guru bidang studi

                                                                                               
    ..........................                                               ...................
    





                                   
                                                                             



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Data dan Fakta AC Milan vs Bologna

Pada pertemuan pertama di Serie A musim ini, pada pekan ke-15, Milan menang 3-2 di kandang Bologna. Milan mencetak tiga gol lewat Krzysztof Piatek (penalti), Theo Hernandez, dan Giacomo Bonaventura. Dua gol Bologna didapatkan dari bunuh diri Theo Hernadez dan penalti Nicola Sansone. Dalam laga kandangnya melawan Bologna di Serie A musim lalu, Milan menang 2-1. Milan unggul lewat gol-gol Suso menit 37 dan Fabio Borini menit 67. Bologna menipiskan selisih skor lewat gol Mattia Destro menit 72. Milan memenangi 7 dari 8 laga terakhirnya melawan Bologna di Serie A, kandang dan tandang (M7 S1 K0). Milan di Serie A musim ini: M15 S8 K10, gol 48-42. Rekor kandang Milan di Serie A musim ini: M7 S5 K4, gol 22-18. Gol terbanyak untuk Milan di Serie A musim ini: Ante Rebic (10). Assist terbanyak untuk Milan di Serie A musim ini: Hakan Calhanoglu (5). Milan tak terkalahkan dalam 7 laga terakhirnya di Serie A (M5 S2 K0). Milan selalu mencetak minimal 2 gol dalam 7 laga terakhirnya di Serie A. Milan

Pemain Yang Akan Dibeli Oleh AC Milan

Klub besar Chelsea, dikabarkan bakal menjual 6 pemainnya demi memboyong bintang Bundesliga Jerman, Timo Werner dan Kai Havertz. AC Milan pun disebut siap menampung pemain  yang akan dijual The Blues, yakni Tiemoue Bakayoko. The Blues dikabarkan segera mendapat tandatangan pemain RB Leipzig, Timo Werner pada bursa transfer musim panas mendatang. Tak berhenti di situ, Chelsea pun juga gerak cepat mengamankan pemain muda Bayer Leverkusen, Kai Havertz.  Chelsea dikabarkan telah curi start dengan menyodorkan proposal sebesar 79 juta euro (Rp1,2 triliun). Skuat Frank Lampard tampaknya ingin merombak kekuatan dengan materi pemain baru yang hendak didatangkan dari Negeri Panzer.  Demi mewujudkan ambisi belanja klub, Chelsea harus menjual enam pemain, termasuk Tiemoue Bakayoko. Bakayoko diketahui tengah menjalani masa peminjaman di AS Monaco. Namun, Monaco dikabarkan tak akan memperpanjang masa pinjam atau memagari Bakayoko dengan kontrak permanen. Corriere dello Sport mewartakan bahwa Bakayoko

Tanaman Bawang putih dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Bawang putih (Allium sativum) adalah tanaman herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Bawang putih banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Bawang putih adalah tanaman dari Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia (Rahmawati, 2012, Hlm. 1-3). Klasifikasi tanaman bawang putih: Kerajaan : Plantae Divisio : Spermatophyta Kelas : Monocotyledonae Bangsa : Liliales Suku : Liliaceae Marga : Allium Jenis : Allium sativum Kandungan Bawang Putih Dalam 100 gr bawang putih terkandung 71,0 gr air, 95 kalori, 4,5 gr protein, 0,2 gr lemak, 23,1 gr karbohidrat, 42 mg kalsium, 346 gr kalium, 134 mg fosfor, 1,0 mg besi, 0,22 mg vit B1, dan 15 md vit C. Melalui ekstraksi dan isolasi kimiawi, dapat diketahui beberapa senyawa aktif yang terkandung dalam bawang putih, seperti allicin yang ditemukan oleh Bailey